Permainan Kreatif untuk Otak Kiri

Permainan Kreatif untuk Otak Kiri

"Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak"

Oleh Agus N. Cahyo

Penerbit FlashBooks

 

PERMAINAN PUZZLE

Permainan puzzle adalah permainan yang murah, sederhana, dan dapat mengasah kecerdasan otak kiri. Beberapa manfaat permainan puzzle adalah dapat membantu anak belajar memecahkan masalah. Dengan mencoba memasangkan kepingan berupa potongan-potongan gambar, maka anak dilatih untuk berpikir kreatif. Manfaat kedua adalah mengasah ketekunan anak, tentu saja dalam memecahkan masalah. Permainan puzzle juga melatih kemampuan motorik halus anak. Manfaat ketiga adalah membantu anak secara aktif mengembangkan kemampuan membuat kesimpulan (dari sebuah masalah) serta memahami logika sebab akibat dan gagasan bahwa objek yang utuh sebenarnya tersusun oleh bagian-bagian yang kecil. Manfaat utama permainan puzzle tentu saja mengembangkan kemampuan otak kiri dalam mengasah logika. Pada saat bermain puzzle, otak kiri si anak akan berpikir bagaimana menyusun serpihan puzzle, sehingga terpasang sebagaimana mestinya.

PERMAINAN DAKON ATAU CONGKLAK

Manfaat bermain dakon antara lain adalah melatih kemampuan berstrategi. Apabila si pemain pandai dalam mengelola dan memainkan seluruh biji dakonnya, maka semakin banyak biji yang akan masuk ke dalam lumbungnya. Selain itu, dalam permainan dakon, pemain lebih menggunakan kemampuan otak kirinya. Hal ini misalnya dapat dilihat dari perhitungan dan pertimbangan yang dilakukan dalam mengambil sejumlah biji dalam lubang pada saat menjalankannya. Dalam permainan ini diperlukan kecerdikan dan kecepatan dalam menghitung biji untuk lubang serta mempertimbangkan jumlah biji-biji lainnya.

PERMAINAN DAM-DAMAN

Meski terlihat sederhana, namun permainan dam-daman cukup menantang karena harus memikirkan taktik agar bisa memakan banyak “buah” milik lawan. Permainan dam-daman ini sangat mengandalkan kecerdasan otak kiri. Kemampuan menyusun strategi, berpikir, dan melakukan analisis serta pertimbangan sebelum melangkah dan memakan bidak lawan menjadi hal yang sangat menentukan.

PERMAINAN CATUR

Saat bermain catur, seseorang harus berpikir ekstra cermat. Bahkan, hanya untuk menggerakkan satu langkah saja membutuhkan waktu bermenit-menit lamanya. Permainan catur mengandalkan kecermatan, ketelitian, kesabaran, dan tingkat analisis otak yang tinggi. Permainan catur lebih mengandalkan kemampuan otak kiri dalam mengatur jalannya permainan.

PERMAINAN BUILDING BLOCK

Dalam satu permainan building block terdapat berbagai bentuk tiga dimensi (blok) dengan ukuran-ukuran tertentu yang terdiri atas balok, kubus, limas, prisma, setengah bola, dan seterusnya. Bentuk-bentuk ini bisa disusun menjadi sebuah bangunan rumah dalam berbagai model, tergantung dari kecerdasan dan kemampuan anak dalam berkreativitas. Anak-anak dapat bermain sambil mengenal ragam ukuran blok dan melatih kemampuan otak mereka untuk mengurutkan dan menyusun blok-blok tersebut. Saat bermain, otak mereka akan berpikir bagaimana menyusun atau mengurutkan secara serasi blok-blok tersebut menjadi sebuah bangunan.

Additional information