Permainan Indoor dan Outdoor Kreatif

Permainan Indoor dan Outdoor

"Permainan Indoor dan Outdoor Kreatif untuk Melejitkan Kecerdasan Anak"

Oleh Mirza Jamal

Penerbit Titan

 

PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-RUANG

PERMAINAN MELOMPATI BENTUK

(untuk dua pemain atau lebih)

Dalam permainan ini tidak ada yang gagal dan pasti semua anak akan menyukainya. Permainan ini juga kaya variasi. Permainan dapat dibuat mudah, dapat dibuat menantang, dan dapat membantu anak-anak untuk mempelajari bentuk, huruf, dan warna.

Bahan dan Alat

  • Kertas koran atau kertas folio atau kertas berbentuk
  • Spidol atau krayon
  • Selotip
  • Alat pilihan : gunting

Cara Bermain

Ambil 6 sampai 9 halaman kertas koran. Lipat halaman-halaman tersebut pada bagian tengahnya, dan buatlah sebuah bentuk pada setiap halaman dengan menggunakan spidol atau krayon. Ata, Anda dapat memotong masing-masing halaman dengan bentuk tertentu. Mulailah dengan bentuk yang umum, yakni lingkaran, kotak, segitiga, dan bintang. Atau jika Anda mempunyai anak sudah besar, tambahkan bentuk seperti pentagon, oktagonal, dan heksagonal.

Rekatkan masing-masing koran dengan menggunakan selotip ke lantai, satu per satu secara berurutan, membentuk garis vertikal. Semakin banyak kertas yang Anda gunakan, maka permainan akan semakin sulit. Mulialah dengan melompat ke depan dari satu bentuk ke bentuk lain, ajaklah anak-anak untuk mengikuti Anda. Sebutkanlah dengan keras bentuk kertas yang Anda injak. Ulangi beberapa kali, mulailah selalu dengan bentuk yang pertama, lalu lompat dan injak masing-masing bentuk tersebut satu per satu sampai pada bentuk yang terakhir.

Kemudian, sebutkanlah nama-nama bentuk yang berbeda dan anak-anak harus melompat dan menginjak bentuk-bentuk yang Anda sebutkan tersebut. Untuk anak yang masih kecil, gunakanlah instruksi yang pendek, misalnya "Lompatlah dari bentuk kotak ke bentuk lingkaran!". Untuk anak yang sudah besar, buatlah instruksi yang agak panjang, seperti "Lompatlah dari bentuk lingkaran ke bentuk segitiga, lalu ke bentuk segienam!'.

Apabila Anda ingin meningkatkan kemampuan anak dalam mengingat, atau ingin membuat permainan ini menjadi lebih menarik untuk anak yang sudah besar, buatlah instruksi yang semakin sulit, seperti, "Langkahkan kakimu ke bintang, lalu berjinjitlah ke bentuk segiempat. dan lompat empat kali di atas lingkaran." Atau,"Lompatlah dengan gaya menyamping ke segiempat dan mundurlah ke segitiga, lalu lompatlah tiga bentuk di depanmu dan injaklah segilima." Atau"Lompatlah dengan kaki kirimu ke bentuk segiempat, kemudian lompat semabil berputar ke bentuk segienam."

variasi Permainan

Selain menggunakan kertas koran untuk membentuk suatu bentuk, Anda dapat membuat kertas warna-warni, atau kertas dengan tulisan angka atau huruf.

Apa yang Dipelajari?

Banyak hal yang didapat dari permainan ini. Anak-anak belajar untuk mengenali bentuk (atau warna atau huruf atau angka). Anak-anak juga belajar untuk menyeimbangkan badan melalui aktivitas fisik melompat. Mereka juga belajar menggerakkan badan dengan berbagai macam cara dan gaya. Saat Anda meminta para pemain mengikuti rangkaian instruksi Anda, di saat yang sama anak-anak meningkatkan kemampuan daya ingat mereka-kemampuan mereka untuk mendengar, mengingat, dan mengaplikasikannya.

 

PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN BAHASA-VERBAL

BOLA PANAS BOLA DINGIN

Bahan dan Alat

 

Bola atau sesuatu yang dapat dilempar dan nyaman ditangkap

Cara Bermain

Seseorang harus menjadi Pemanggil, dengan tugas menerangkan terlebih dulu maksud dari setiap panggilan yang disebutkan. Saat Pemanggil mengatakan “Bola panas!”, maka para pemain melempar bola dengan cara mengayun tangan dari atas kepala ke arah pemain lain secepat mungkin.

Jika Pemanggil mengucapkan “Bola dingin!”, pemain melempar bola dengan mengayun tangan dari bawah dan melemparkannya secara perlahan ke pemain lainnya, sampai ada perintah (panggilan) lainnya.

Jika Pemanggil mengucapkan “Bola bengkok!”, maka pemain harus mengangkat salah satu kakinya dan melempar bola melewati bawah kaki tersebut.

Jika Pemanggil mengatakan “Bola putar!”, pemain harus berputar dahulu sebelum melempar bola (untuk variasi, Anda dapat mengatakan “Bola putar panas!” atau “Bola putar dingin!”).

Jika Pemanggil mengatakan “Bola suara!”, maka pelempar harus mengeluarkan suara dulu sebelum melemparkan bola. Tingkatkan permainan dengan mengatakan “Bola putar suara panas!”, yang artinya setelah pemain menangkap bola, maka sebelum melempar bola ia harus berputar, bersuara, dan melempar dengan mengayun tangan di atas kepala dengan cepat.

Variasi Permainan

Banyak instruksi yang dapat digunakan sebagai variasi dalam permainan ini, selain tergantung juga dengan bola yang digunakan. Bermaind dengan bola tenis tentu saja berbeda dengan bermain menggunakan bola voli. Selain itu, Anda tidak harus menggunakan bola tertentu. Bahkan Anda bisa pula menggunakan gulungan kaos kaki atau syal yang diikat, sehingga permainan ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Apa yang dipelajari?

Belajar berkonsentarasi saat mendengar adalah keahlian yang tidak bisa diremehkan. Biasanya saat mendengar perkataan orang lain, tidak lama kemudian kita menyadari bahwa kita sama sekali tidak mengerti apa yang dikatakannya. Telinga kita bisa mendengar, tapi bila otak kita tidak “nyambung” secara simultan, maka sebenarnya kita tidak mendengar. Bola Panas Bola Dingin memotivasi pemain untuk tetap membuka telinga mereka, mengaktifkan pikiran dan kesigapan fisik, karena setelah mereka mendengar panggilan, mereka harus melakukan perintah panggilan tersebut dengan tepat.

 

PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MATEMATIKA

MENEBAK LANGKAH

Cara Bermain

Tebak berapa langkah yang harus Anda ambil dari satu titik tempat ke titik tempat lainnya. Untuk anak yang masih kecil, bagilah jarak menuju satu tujuan menjadi beberapa bagian. Misalnya, berapa langkah dari sini menuju took swalayan dan berapa langkah dari took swalayan menuju tempat parkir? Para pemain akan menebak dan melihat berapa langkah yang sebenarnya dibutuhkan. Mereka dapat menghitung langkah sendiri, tetapi memang lebih menarik kalau dihitung bersama-sama.

Untuk anak yang lebih tua, buatlah tebakan untuk jarak yang lebih jauh. Contoh, jarak dari rumah ke jalan raya, apakah 400 langkah atau hanya 250 langkah? Semakin sering anak Anda memainkan permainan ini, semakin pintar ia memperhitungkan jumlah langkah yang tepat.

Dengan anak yang lebih tua lagi, Anda juga dapat membuat tebakan berapa langkahnya untuk satu meter, dan kemudian dengan menghitung jumlah langkahnya selama beberapa detik, hitunglh sudah berapa meter ia berjalan.

Apa yang Dipelajari?

Anak-anak akan belajar berhitung dengan permainan ini, tentu saja. Namun selain itu, permaian ini juga membangun kesadaran internal akan jarak dan panjang.

Additional information